IAIN Ambon Siap Jadi UIN

AMBON, SwaraMaritim –  Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon telah siap berubah status menjadi Universitas Islam Negeri. Hal ini dikatakan Rektor IAIN Ambon, DR Hasbollah Toisutta.

Toisuta, mengatakan, semua kesiapan telah disiapkan. Namun, terbentur dengan kebijakan Kementerian tentang memoratorium institusi IAN yang bertransformasi menjadi UIN.

Kendala ini menurutnya banyak dihadapi oleh hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia, termasuk IAIN Ambon untuk beralih status. “Adanya pemberlakukan moratorium oleh pemerintah menyebabkan peralihan status jadi tertunda,”tandasnya.

Bila saatnya nanti, jika moratorium dicabut, maka rencana alih status tersebut akan dipercepat.
“Seluruh keperluan administrasi untuk pemenuhan standar alih status menjadi universitas, telah disiapkan oleh kami sejak dari sekarang. Sehingga, ketika moratorium sudah dicabut, kami tidak lagi sibuk untuk mengurus hal tersebut. Tinggal menunggu kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah yang baru,” tandasnya.

Dikatakannya, setelah memoratorium dicabut tahun 2020, maka kita akan membuat proposal untuk mengubah status menjadi UIN,” ujarnya saat ditemui usai rapat senat luar biasa di Islamic Centre, Kamis, (26/7).(SwM02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *