Rangkoratat: Pemkab MTB Beri Perhatian Kepada Pramuka

SAUMLAKI, SwaraMaritim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara Barat (MTB) memperingati Hari Pramuka ke 57 yang jatuh pada 14 Agustus 2018 dengan suatu Upacara Bendera, yang dilakukan di halaman Kantor Bupati, dipimpin Inspektur Upacara Sekretaris Daerah (Sekda) MTB, Piterson Rangkoratat. Pada upacara tersebut yang bertindak selaku komandan Upacara T. Dasfamudi.

Peringatan Hari Pramuka tahun ini mengusung Thema, Pramuka Perekat NKRI.

Dalam upacara tersebut, Sekda membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si, ysng mengatakan bahwa, dalam konteks Indonesia, Gerakan Pramuka menjadi Rumah Kita  Bersama. “Itulah harapan bangsa ini kepada Gerakan Pramuka. Sekat-sekat kamar telah diisi oleh partai politik, dan kamar lainnya mungkin telah diisi oleh suku – suku  yang ada di Indonesia dan golongan atau kelompok lainnya,”ujarnya.

Dikatakan, Gerakan Pramuka telah mencapai usia 57 tahun, jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia. “Bangsa ini hendaknya dapat membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan saja membangun bangsa atau kaum muda cerdas yang mengusai ilmu pengetahun, akan tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiaanya, luhur pekertinya, menjunjung kesatuan dan persatuan bangsa,”ungkapnya.

Menurutnya, Gerakan Pramuka berharap kepada pemerintah pusat dan daerah dapat memberikan alokasi dana secara kontinyu untuk aktifitas Gerakan Pramuka, karena banyak daerah dan cabang yang masih sangat minimal mendapatkan dana yang berasal dari APBN dan APBD.

“Selain itu, sebagai tahun politik yang ditandai dengan penyelenggaraan pilkada gubernur dan Bupati/Walikota beberapa bulan yang lalu, pencalonan anggota legislatif serta pencalonan presiden dan wakil presiden, saya berpesan, hendaknya Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam politik praktis,”tegasnya.

Sekda  menambahkan, khusus di Kabupaten MTB, kwartir Pramuka dari tahun ketahun ada peningkatan program kerja, untuk menjamin kesinambungan gerakan paramuka di Kabupaten Maluku Tenggara Barat.
” Pemerintah Daerah akan terus menerus memberikan perhatian kepada pramuka agar dari sisi program kemudian dukungan anggaran dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan pramuka kedepan,”tandasnya.

Menurut Sekda, perhatian Pemerintah Daerah dalam hal  pembinaan-pembinaan khusus merupakan tanggungjawab dari pengurus Kwarcab, dan sudah ada pengarahan untuk diprogramkan secara terus menerus agar bisa mengasilkan sebuah pembinaan yang terukur, sehingga ada perubahan karakter bagi genesai muda, yang pada akhirnya membuat mereka bangga menjadi pramuka.

Hadir dalam upacara HUT Pramuka, seluruh pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( FORKOPIMDA ), Pimpinan BUMN/BUMD, Asisten bidang pembangunan ekonomi dan kemasyarakatan dan Asisten bidang Administrasi Umum Setda MTB, Staf ahli bidang kesejahteraan masyarakat, Pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten MTB, Ketua dan Pembina Kwartir cabang pramuka Kabupaten.Maluku Tenggara Barat. (SwM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *