Pemkot Tual Serahkan BSPS Ke 300 KK Di Tayando Tam 

TUAL, SwaraMaritim – Walikota Tual, Adam Rahayaan, menyerahkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 300 kepala keluarga (KK) di Desa Yamtel Kecamatan Pulau-pulau Tayando Tam Kota Tual, pada Selasa (14/8).

Menurut Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PDKP) Kota Tual, Fahry Rahayaan, program BSPS adalah program Dinas PDKP, dimana anggarannya berasal dari APBN dan merupakan anggaran 2018. ” Bantuan ini diperuntukkan bagi peningkatan kualitas fisik rumah dengan pola penanganan secara swakelola dan swadaya masyarakat,”jelasnya.

Rahayaan menjelaskan, masing-masing KK menerima Rp 15 juta, dengan rincian Rp 12,5juta dalam bentuk material, dan Rp 2,5 juta untuk upah kerja. “Dana yang diterima sebesar Rp 15 juta, dimana pemerintah siapkan material sesuai kebutuhan sebesar Rp12,5 juta, dan biaya upah kerja Rp 2,5 juta. Ini dikerjakan oleh masyarakat melalui kelembagaan mini yg dibentuk oleh masyarakat sendiri,”ungkapnya.

Dirinya mengatakan, Pemkot Tual bekerjasama dengan bank untuk membuka nomor rekening penerima bantuan. “Pemkot Tual bekerjasama dengan bank. Dalam hal ini kami bekerjasama dengan BRI membuka rekening atas nama penerima bantuan. Dana yang masuk ke rekening penerima nantinya dicairkan ke rekening toko penyalur dalam dua tahap,”tandasnya.

Dirinya mengatakan, penerima bantuan diambil dari data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan data Runah Tidak Layak Huni (RTLH) Kota Tual. “Untuk tahun 2017, tiga kecamatan menerima BSPS. Untuk 2018 ini ada tiga kecamatan, yaitu Tayando Tam, Dullah Selatan dan Dullah Utara . Sedangkan untuk 2019, akan diberikan kepada dua kecamatan,”urainya. (SwM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *