Lima OPD Baru Akan Dibentuk Pemkab MTB

SAUMLAKI, SwaraMaritim – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) membentuk lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, yaitu Dinas Sumberdaya Air, Bina Marga, Bina Konstruksi tipe A, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang tipe A, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman tipe A, Dinas Pemuda dan Olaraga tipe B, serta Badan Pengelola Perbatasan Daerah tipe A.
“Kita juga meningkatkan tipe Dinas Sosial dari tipe C menjadi tipe A,”ungkap Wakil Bupati MTB Agustinus Utuwaly, dalam sidang Paripurna Istimewa, dalam rangka penyampaian rancangan peraturan daerah Kabupaten MTB tahun 2018 di ruang rapat utama Balai Rakyat, Saumlaki, Senin (17/9).

Pembentukan OPD baru ini, menurutnya, menganut prinsip tepat fungsi dan tepat ukuran. Berdasarkan beban kerja yang sesuai dengan kondisi nyata masing-masing daerah.

Selain itu juga disampaikan sepuluh ranperda inisiatif Pemkab MTB untuk dibahas bersama dengan para DPRD MTB. Kesepuluh Ranperda itu diantaranya tentang pelayanan kesehatan berbasis gugus pulau, penatapan dan pedoman produk unggulan daerah, retribusi objek wisata dan daya tarik wisata, penataan desa, penetapan desa hingga Ranperda tentang penegasan batas wilayah.
” Ada pula lima ranperda yang disusun oleh Badan Pembentukan Perda DPRD MTB, diantaranya Ranperda tentang hutan lindung, perizinan usaha restoran, rumah makan dan jasa boga. Kemudian ranperda tentang penduduk non permanen, ranperda tempat parkir, serta tentang tanggungjawab sosial perusahaan,”jelasnya. (SwM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *