Pemprov Percepat Penyelesaian Bendungan Way Apu

AMBON, SwaraMaritim – Pemerintah Provinsi Maluku sepakat percepatan penyelesaian pembangunan bendung Way Apu di Kabupaten Buru.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, Sadli Iie mengatakan, kesepakatan terkait pembentukan tim inti di buat setelah melakukan rapat kordinasi yang dihadiri Sekda Maluku, Kepala Dinas Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat, Dinas Sumberdaya Air Pemprov Maluku, Kamis (11/10).

Dikatakannya,  Bendung Way Apu merupakan kawasan lindung dengan luas lahan 347 hektare yang mengairi Kecamatan Way Apu. “Bendungan Way Apu merupakan sumber air bagi masyaratak di Kecamatan Way Apu, oleh karena itu tidak boleh di lakukan pembangunan jika tidak ada survei oleh tim terpadu yang telah dibuat,” tandasnya.

Dia mengakui, proses permohonan ijin pinjam pakai kawasan telah di setujui kementrian. Dengan dikeluarkan surat yang mendahului revisi pertimbangan untuk merevisi ijin peta indikatif.
“Menurut saya soal perijinan tidak memiliki masalah atau kendala, sesuai dengan prosedur ketentuan UUD yang berlaku. Kawasan bendungan Way Apu merupakan kawasan lindung oleh karena itu sebelum lakukan pembangunan harus dilakukan pengamatan lapangan, karena wilayah tersebut masuk dalam peta indikatif ijin baru,” tandasnya.

Dia mengakui, tim yang dilibatkan merupakan instansi terkait, baik pemerintah maupun pemerintah Kabupaten/Kota. “Karena tugas tim ini merupakan tugas pemantauan serta pendataan terkait hak-hak masyarakat. Sehingga pelaksanaan proyek bendungan Way Apu tidak menjadi masalah dan dapat terakomodir,” paparnya. (SwM02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *