Dishub Maluku Siapkan Mudik Gratis

Ambon, SwaraMaritim – Dalam rangka Natal 2018 dan tahun baru 2019,  Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, menyiapkan mudik gratis untuk masyarakat Maluku yang akan mudik natal.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Provinsi Maluku, Angky Papilaya, kepada wartawan pada Selasa (11/12). “Dishub telah menyiapkan moda transportasi mudik gratis dengan angkutan laut, darat, udara dan penyeberangan,”ungkapnya.

Menurutnya, angkutan laut yang disiapkan, baik kapal-kapal yang dikelola Pelni maupun swasta. “Kami punya kapal-kapal yang dikelola Pelni, baik komersial maupun perintis. Untuk komersial ada 8 unit, ditambah 2 unit untuk antisipasi.
Sedangkan kapal perintis ada 3, dari yang harusnya 5, tetapi 2 sedang alami gangguan,”jelasnya.

Untuk kapal cepat, Dishub menyiapkan 10 buah kapal yang dikelola swasta dan 1 kapal yang dikelola navigasi.”Kami sudah rapat kordinasi dengan mitra operator moda transportasi. Semuanya sudah siap untuk mengangkut masyarakat yang akan mudik,”bebernya.

Kadis mengungkapkan, untuk memantau arus mudik, Kadis mengatakan akan dibuatkan posko-posko arus mudik, yang akan dibangun di Galala, Terminal Transit Passo, Hunimua, Pelabuhan Yos Sudarso dan Bandara Pattimura. “Posko-posko ini terkonek secara nasional. Jadi jika ada masalah, langsung ditangani,”tegasnya.

Papilaya mengatakan, untuk kegiatan mudik gratis ini, 3 kapal perintis disiapkan bagi masyarakat yang akan mudik ke Kabupaten Tual-Maluku Tenggara, Kabupaten Maluku Tenggara Barat ( MTB ) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). “Sabuk Nusantara 106 akan diberangkatkan tanggal 16 Desember menuju Larat (MTB).
Sabuk Nusantara 103 , diberangkatkan pada 17 Desember ke wilayah MTB dan MBD. Sedangkan Sabuk Nusantara 87 akan berangkat tanggal 20 Desember menuju MBD.
Untuk kapal cepat KM Cantika 99 ke Saparua tgl 18-21, gratis. Express pricilia 88 tanggal 19 pagi dan siang ke Amahai.
Selain itu, angkutan penyeberangan, Hunimua- Waipirit akan digratiskan pada tanggal 21 Desember. Termasuk juga rute Waai-Haruku-Amahai,”urainya.

Mekanisme untuk mendapat pelayanan mudik gratis, menurut Papilaya, pendaftaran dibuka mulai Rabu (12/12) sampai Sabtu (15/12). Untuk kapal perintis, pendaftaran langsung ke Dinas Perhubungan Provinsi. “Untuk pendaftaran kapal cepat, langsung di Tulehu. Sedangkan Feri pada tanggal keberangkatan.
Masyarakat harus menunjukkan kartu identitas. Pendaftaran dikantor mulai Jam 9.00 WIT – 16.30 WIT ,”jelasnya. (SwM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *