Untuk Menekan Angka Kecelakaan, BPTD Wilayah XXIII Lakukan Ramcek 

AMBON, SwaraMaritim – Untuk menekan angka kecelakaan saat mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat ) Wilayah XXIII Provinsi Maluku, bekerja sama dengan Ditlantas Polda Maluku , PT Jasa Rahardja cabang Maluku, Dishub Kota Ambon dan Rumah Sakit Bhayangkara, melakukan pemeriksaan kendaraan (ramcek ) angkutan penumpang bus. “Kami tidak hanya memeriksa kendaraan angkutan penumpang, tetapi para pengemudi angkutan bus juga diperiksa,”jelas Kepala BPTD Wilayah XXIII, Herman Armanda, pada Senin (24/12).

Dikatakannya, pemeriksaan terhadap angkutan penumpang bus dan pengemudinya dilakukan di dua tempat, yaitu di terminal transit Passo dan di Pelabuhan Penyeberangan Hunimua, dari tanggal 17 sampai dengan 20 Desember 2018.

“Dari hasil ramcek,  kondisi kendaraan sangat miris .Oleh karena itu, program BPTD pada 2019 nanti, akan melakukan ramcek secara berkala dan berkesinambungan, agar kondisi angkutan bus AKDP yg ada melayani masyarakat benar-benar laik jalan dan kondisi fisik pengemudinya sehat dalam menjalankan tugasnya,”tandasnya.

Menurutnya, BPTD wilayah 23 Provinsi Maluku, merupakan wilayah pantauan nasional pada penyelenggaran pelaksanaan kegiatan angkutan Natal tahun 2018 ini.
Untuk itu BPTD melakukan upaya-upaya antisipasi terjadinya kecelakaan, khususnya pada angkutan penyeberangan. “Pada tanggal 4 – 7 Desember lalu, kami telah melakukan pemeriksaan pada kapal penyeberangan Galala-Namlea dan lintasan Hunimua -Waipirit . BPTD bekerjasama dengan Direktorat Keselamatan Ditjen Hubdat dan KSOP Ambon. Maksud dan tujuannya adalah demi meningkatan keselamatan pelayaran,”ungkapnya.

Armanda menjelaskan, hasil temuan ramcek dilapangan, dilaporkan ke Ditjen Darat, dimana hal tersebut guna menciptakan pelayaran yg berkeselamatan. (SwM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *