Pencapaian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Meningkatkan di Tahun 2018

AMBON, SwaraMaritim – Menutup tahun 2018 dan menyambut 2019, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kota Ambon laksanakan konpers terkait pencapaian target kinerja di tahun 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sosialisasi terkait pencapaian selama tahun 2018 sekaligus sebagai komunikasi antara Kantor Imigrasi dan insan pers, serta memberikan ruang bagi partisipasi publik,” ujar Kepala Imigrasi Afrizal di Ambon, Senin (7/01).

Afrizal mengatakan, Kantor Imigrasi Kelas I Ambon selama periode tahun 2018 menerbitkan 6.558 paspor. Jumlah penerbitan paspor ini meningkat dibandingkan tahun 2017 sebanyak 6.322 paspor.

“Jumlah penundaan penerbitan paspor yang diindikasi sebagai TKI non prosedural sebanyak 15 orang. Jumlah penolakan keberangkatan TKI diduga non prosedural,” tandasnya.

Selain itu, capaian terjadi karena terlaksananya rapat dan operasi gabungan tim PORA di Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Buru, dan Kabupaten Maluku Tengah.

Dia menjelaskan, Jumlah tempat perlintasan Imigran (TPI) jalur udara kedatangan mencapai 91 Orang, keberangkatan mencapai 219 orang dan tempat perlintasan Imigran (TPI) jalur laut untuk kedatangan mencapai 2363 orang dan keberangkatan mencapai 701 orang, serta Untuk jumlah penerbitan izin tinggal keimigrasian selama tahun 2018, berjumlah 691, dengan rincian, izin tingkat kunjungan 356 laki-laki, 162 perempuan. Izin tinggal terbatas, 136 laki-laki dan 34 perempuan. Izin tinggal tetap, 2 laki-laki, 1 perempuan,” jelasnya.

Afrizal mengakui, capaian target kinerja penegakan hukum keimigrasian, merupakan jumlah izin tinggal ITK 11 orang, ITAS 5 orang, VOA 9 orang. Sedangkan tanpa izin tinggal (AVR/resetlement/ UHNCR) 16 orang.

“Data diatas merupakan data  sesuai negara asal seperti Afrika Selatan 1 orang, Belanda 14 orang, China 5 orang, Filipina 14 orang, Jerman 1 orang, Mesir 1 orang, Myanmar 1 orang, Thailand 1 orang, Turki 2 orang. Sedangkan penindakan pasal 75, 18 orang, pasal 78, 23 orang,” paparnya.

Afrizal menambahkan, kantor imigrasi kelas I TPI Ambon membuat inovasi unggulan yang telah dilaksanakan selama tahun 2018, seperti layanan paspor simpatik menyambut hari bhakti Imigrasi ke 68 tahun 2018 yaitu layanan paspor walk-in (datang langsung ke Kantor Imigrasi) tanpa melalui layanan antrian oneline yang dilaksanakan pada hari Sabtu.

Selain itu Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon sudah melakukan kerja sama PT.POS Indonesia terkait penyediaan layanan pembayaran PNBP dan pengiriman paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Ambon.

“Begitu juga dengan layanan paspor mobile Haji, adalah fitur pelayanan dengan sistem jemput bola (mobile) terkhusus bagi calon jamaah haji yang berdomisili di kabupaten, serta Kota Ambon bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama,” ujarnya.

Di awal tahun 2019 ini Imigrasi Ambon akan lebih meningkatkan kinerja di tahun 2019, serta pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Direktorat Jenderal Imigrasi yang tercermin dalam satuan kinerja di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Ambon. (SwM02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *