Hasil Penilaian Ombudsman, 2018 Maluku Di Zona Kuning 

AMBON, SwaraMaritim.co – Hasil penilaian Ombudsman RI, Pemerintah Provinsi Maluku  di tahun 2018, ada di zona kuning. Pernyataan ini disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Maluku, Hasan Slamat, kepada wartawan di Kantor Gubernur pada Rabu (30/01).

“Hasil penilaian 2018 ini Maluku ada di zona kuning.Tetapi sudah ada pikran-pikiran dan langkah-langkah strategis agar bisa lebih bauk lagi,”ungkapnya.

Dikatakannya, dari seluruh Provinsi di Indonesia, ada 4 Provinsi yang belum masuk dalam zona hijau, salah satunya adalah Provinsi Maluku. “Mudah-mudahan di tahun 2019 ini, Provinsi Maluku bisa keluar dari zona kuning dan masuk dalam zona hijau,”harapnya.

Dia menjelaskan, untuk penilaian 2018, diumumkan pada Desember 2018. Jadi diperkirakan untuk penilaian sintahun 2019, hasil akan dikeluarkan kisaran Mei-Juli 2019.

“Tujuan kedatangan kita kali ini, disamping menyerahkan hasil 2018, kita juga berkoordinasi supaya ada langkah-langkah untuk 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai dapat membenahi diri agar bisa keluar dari zona kuning menuju zona hijau. 10 OPD termasuk Dinas Kesehatan, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) , Dinas Sumber Daya Manusia (SDM), Rumah Sakit dan lainnya. Datanya ada dan nilai-nilainya semua ada pada kita,” jelasnya.

Mengingat dalam waktu dekat ini pemerintahan Said Assagaff – Zeth Sahuburua akan berakhir dan akan ada pemerintahan yang baru, maka pihak Ombudsman menyerahkan hasil penilaian ke Sekda Maluku supaya bisa ada sustainable atau berkelanjutan.

“Mudah-mudahan ketika kembali memberikan penilaian terhadap kinerja Pemprov Maluku, ada peningkatan dari zona kuning ke zona hijau supaya sama dengan Provinsi yang sudah ada dalam zona hijau lainnya,”harapnya. (SwM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *