Umumkan Hasil Penjaringan Anggota KPU Maluku, Timsel Minta Masyarakat Pantau

AMBON, SwaraMaritim.com – Dari 45 orang yang ikut seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) periode 2019-2024, 41 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Hal ini diungkapkan Tim Seleksi (Timsel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku.

“Dari 45 calon yang mendaftarkan diri, 4 orang diantaranya dinyatakan tidak lolos administrasi karena persyaratan  tidak lengkap. Empat yang dinyatakan tidak lolos rata-rata karena faktor usia. Alhasil yang dinyatakan lolos oleh Timsel sebanyak 41 peserta,” ujarSekretaris Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU Maluku, Reny Heronia Nendissa, saat konperensi pers di Hotel Manise, pada Minggu (24/02/2019).

Dia menjelaskan, dari 41 peserta yang dinyatakan lolos administrasi, sebanyak 31 peserta lama yang harus kembali melapor. Dari 31 yang wajib mengikuti ketentuan itu, 2 diantaranya tidak melapor hingga akhir penutupan pendaftaran. Diakui, belakangan ada peserta baru yang mendaftarkan diri sebanyak 16 peserta

“Hanya 29 saja yang hadir untuk melapor sepanjang waktu yang disiapkan,” tandasnya.

Menurutnya, mereka nantinya akan mengikuti Computer  Assisted  Test (CAT), dan kelulusan melewati  nilai ambang batas (passing grade) yang telah ditetapkan yakni 60 tidak lagi mengukti CAT.

Sebagian peserta lama yang tidak lulus passing gradde akan diikutkan kembali mengikuti pentahapan.

“Yang tidak lulus akan bergabung dengan 16 peserta baru untuk mengikuti CAT, dijadwalkan pada hari Selasa 26 Februari 2019, yang akan dilaksanakan di SMA Negeri 2, Ambon,” papar Nendissa.

Pada kesempatan itu, ketua Timsel, Amir Faisal Kotarumalos menghimbau kepada masyarakat Maluku untuk terus memantau pentahapan dalam pelaksanaan menjaring anggota KPU di Maluku itu oleh pihaknya.

Imbauan Amir tak lain dan tak bukan demi mendapatkan anggota KPU yang benar-benar bersih dan kredibel sebagaimana diinginkan bersama.

“Mengawal prosesi seleksi  calon anggota KPU Maluku tersebut sehingga nantinya terpilih 10 calon anggota KPU Maluku yang benar-benar diinginkan masyarakat,” pungkasnya. (SwM01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *