7 Calon Anggota KPU Maluku Lanjut Seleksi Fit And Proper Test

AMBON, SwaraMaritim.com – Tim seleksi calon anggota KPU Maluku periode 2019-2024, mengumumkan hasil seleksi akhir ditingkat provinsi, dan selanjutnya akan mengikuti tahap uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di KPU Pusat.

Ketujuh orang calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku yang dinyatakan lolos tahapan seleksi ini, akan mengikuti seleksi terakhir untuk menentukan lima nama yang mengisi kekosongan di akhir masa jabatan KPU Maluku periode sebelumnya.

“Tujuh calon anggota KPU yang akan mengikuti fit and proper test adalah, Abdul Halid Tianotak, Almudatzir Zein Sangadji, Engelbertus Dumatubun, Hanafi Renwarin, La Alwi, Rommi Imelda Rumambi, dan Syamsul Rifan Kubangun,”ujar Sekretaris Timsel, Reny Heronia Nendissa.

Tujuh nama itu ditetapkan melalui surat pengumuman hasil seleksi calon anggota KPU Maluku periode 2019-2024 bernomor 24/PU/81/Tisel-Prov/III/2019 yang dibacakan langsung oleh Sekretaris Tim Seleksi, Reny Heronia Nendissa di Manise Hotel Ambon, Sabtu (16/3).

“Tujuh nama itu ditetapkan berdasarkan hasil penelitian administrasi, tes tertulis, tes psikologi, tes wawancara dan tes psikologi calon anggota KPU Maluku periode 2019-2024,” kata Reny.

Selanjutnya seluruh laporan hasil tahapan seleksi beserta tujuh nama yang dinyatakan lolos akan dikirim ke KPU RI untuk mengikuti tahapan terakhir seleksi.

“Minggu (17/03/2018) kita sudah kirim hasil ini ke KPU pusat. Karena tahapan selanjutnya terkait fit and proper test itu adalah kewenangan KPU RI. Kita hanya diberikan kewenangan sampai pada tahapan tes kesehatan dan wawancara saja,” jelas Anggota Tim Seleksi, Stevin Melay.

Menurutnya, tim seleksi memastikan laporan tahapan seleksi akan dikirim sebelum tanggal 18 Maret, 2019 mendatang sehingga seleksi uji kelayakan dan kepatutan segera dilakukan.

“Kami dan seluruh masyarakat Maluku berharap bahwa proses fit and proper test dilakukan secepatnya oleh KPU RI dalam rangka menyelesaikan kekosongan dari akhir masa jabatan anggota KPU Maluku sebelumnya,” pungkasnya. (SwM02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *