Imigrasi Ambon Terbitkan 612 Pasport Haji

AMBON, SwaraMaritim.com – Jelang musim haji tahun 2019, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon telah menerbitkan 612 paspor bagi calon jemaah haji dari Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Maluku Tengan, Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan.

“Sesuai wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, yang terdiri dari 5 Kabupaten dan 1 Kota, yaitu SBB, SBT, Buru, Buru Selatan, Malteng dan Kota Ambon, kami mendapat kuota sebanyak 848. Dan hingga saat ini Kantor Imigrasi Kota Ambon sudah menerbitkan paspor sebanyak 612 buah. Sedangkan sisa 237 itu telah memiliki paspor,” jelas Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Kelas I TPI Ambon, Afrizal, di ruang kerjanya pada Selasa (15/05/2019).

Dia mengatakan bahwa dalam pembuatan paspor haji untuk Kota Ambon, memang ada kendala kecil, yaitu lambatnya data yang diberikan kepada petugas Kementerian Agama untuk pembuatan paspornya.

“Untuk Kabupaten lain, kami yang langsung menjemput bola, dengan cara mendatangi langsung petugas Kemenag dan mengambil data. Itu sudah kami lakukan sejak Februari hingga April 2019 ini,”jelasnya.

Sementara itu, Kakanim Kelas I TPI Ambon juga mengatakan, untuk biaya pembuatan paspor, mengalami penurunan.
“Sesuai dengan Peraturan Pemerintah no 28 tahun 2019 tentang tarif biaya untuk kantor imigrasi seluruh Indonesia terhadap biaya pembuatan pasport yaitu Rp 350 ribu, atau turun Rp 5ribu dari harga sebelumnya. Sedangkan untuk kehilangan paspor di kenakan biaya sebesar Rp1 juta, dan untuk paspor yang rusak itu Rp 500 ribu,”tandasnya. (SwM02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *