Dishub Provinsi Maluku Adakan Mudik Gratis

AMBON, SwaraMaritim.com– Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Perhubungan Provinsi Maluku akan melaksanakan program mudik gratis untuk masyarakat muslim yang akan melakukan mudik lebaran ke kampung halaman menggunakan angkutan laut dan darat.

“Kapal yang akan di sediakan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku adalah KM Sabuk Nusantara 72 untuk tujuan Ambon-Namrole-Leksula-Ambalau di Kabupaten Buru Selatan, yang rencananya akan berangkat dari Pelabuhan Yos Sudarso pada tanggal 24 dan 25 Mei 2019,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Frans J Papilaya di Aula Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Jumat (17/5/2019).

Papilaya mengatakan,  KM Manusela tujuan Ambon-Ambalauw-Wamsisi-Namrole-Leksula-Tifu-Waimulang-Manali akan berangkat pada 28 Mei. Kemudian KM Manusela dengan rute Ambon-Manipa-Kelang-Buano-Taniwel-Wahai-Kobisadar-Bula-Kelimoi-Geser-Gorom, di rencanakan berangkat pada 1 Juni.

Sementara untuk KM Ngapulu dengan rute Ambon-Banda akan direncanakan berangkat pada 30 Mei.

“Untuk KM Ngapulu ini merupakan program mudik gratis dari Bulog dan memang sudah 2 tahun terakhir Bulog ikut serta dalam melakukan mudik gratis,” katanya.

Dinas Perhubungan Provinsi Maluku juga telah menyiapkan sejumlah armada feri seperti KMP Teluk Ambon dengan rute Waai-Kailolo, Maluku Tengah yang akan berangkat dari Pelabuhan Waai pada 31 Mei. KMP Samandar lintasan Waai-Umeputih berangkat dari Pelabuhan Waai pada 31 Mei. Kemudian KMP Wayangan lintasan Galala-Namlea pada 1 Juni serta lima kapal feri lintasan Hunimua-Waipirit pada 1 Juni.

“Untuk angkutan darat, kami akan menyiapkan bus damri bagi pemudik. Bus itu nantinya akan parkir di kawasan Gong Perdamaian Dunia (GPD) dan akan diberangkatkan menuju pelabuhan penyeberangan Hunimua, Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah pada 31 Mei hingga 1 Juni.

Selain itu, Kapal PT. Pelayaran Dharma Indah menyiapkan 9 unit kapal untuk mudik gratis yaitu KM.Express Cantika 88 dan KM. Cantika Torpedo untuk trayek Tulehu-Amahai, KM.Express Cantika 99 trayek Tulehu-Haria, KM.Express Bahari 2B trayek Tulehu-Banda, KM.Elizabeth II trayek Ambon-Namrole,Leksula, KM.Cantika Lestari 99 trayek Ambon-Damer-Moa-Leti-Kisar dan Ambon -Bula-Geser-Gorom,KM.Intim Teratai trayek Ambon-Namlea, KM.Express Priscilia 99 trayek Ambon-Namlea, KM.Cantika Lestari 9C trayek Ambon-Namlea.

Papilaya menambahkan, untuk masyarakat yang ingin ikut program mudik gratis, dapat melakukan mendaftarkan diri dengan membawa serta tanda bukti berupa KTP, SIM, kartu mahasiswa, kartu pelajar atau kartu keluarga dengan copy-an satu lembar.

“Pendaftaran ini guna bisa terdaftar secara resmi untuk masing-masing KM yang nanti akan di gunakan saat melakukan mudik,” paparnya. (SwM02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *