Tuasikal Optimis, Pasar Murah Dapat Membantu Masyarakat.

MASOHI, SwaraMaritim.com – Bupati Maluku Tengah, Tuasikal Abua,SH sangat optimis kalau penyelenggaraan pasar murah sangat membantu masyarakat di kota masohi dan sekitarnya, terutama masyarakat ekonomi lemah yang akan melaksanakan hari raya Idul Fitri.

Hal ini di sampaikan Tuasikal Abua, dalam sambutannya saat membuka dengan resmi penyelenggaraan pasar murah, pada Sabtu (25/05/2019) yang berlokasi di terminal Binaya Masohi yang di hadiri oleh FKPD Malteng, Wakil Bupati Marlatu Leleury, Plt Sekda dan pimpinan OPD lingkup Pemda Malteng.

“Kegiatan pasar murah ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meringankan beban masyarakat di Kota Masohi dan sekitarnya dalam memenuhi kebutuhan sembilan bahan pokok menjelang Hari Raya ldul Fitri 1 Syawal 1440 H. Hal ini karena bagi masyarakat yang merayakan Hari Raya ldul Fitri, tentu akan banyak kebutuhan yang harus dipenuhi,”jelasnya.

Dikatakannya, sudah menjadi suatu kebiasaan di Indonesia, bahwa setiap menjelang hari-hari besar keagamaan, terutama Hari Raya ldul Fitri serta Natal dan Tahun Baru, harga kebutuhan pokok masyarakat selalu cenderung naik.

“Kenaikan harga barang secara ekonomi diakibatkan meningkatnya kebutuhan terhadap barang sedangkan persediaannya sangat terbatas,”ucapnya.

Tuasikal meminta agar para pedagang selaku penyedia jasa maupun masyarakat selaku konsumen dituntut untuk arif, bijaksana, tetap ulet dan terus bekerja keras dalam menghadapi gejolak ekonomi akibat kenaikan harga barang pokok dewasa ini.

“Diharapkan kegiatan ini bermanfaat dan memberi kemudahan bagi pembeli yang mungkin dihimpit kesulitan ekonomi dalam memenuhi sebagian kebutuhan pokok keluarga untuk beberapa hari ke depan menjelang Iebaran,”ungkapnya.

Untuk kepentingan itu tambah Tuasikal bahwa para pembeli harus selalu ingat bahwa sembilan bahan pokok yang dijual para pedagang dalam kegiatan ini, tergolong Iebih sedikit dibanding dengan kebutuhan minimal masyarakat menjelang lebaran.

“Namun, saya berharap momentum ini dapat dipahami sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah dalam mengurangi dan mengatasi kesulitan ekonomi yang dihadapi masyarakat,”tegasnya.

Kendati demikian Tuasikal sangat berterima kasih kepada para pedagang yang telah menyediakan kebutuhan pokok yang nantinya akan di siapkan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan menjelang hari raya Idul Fitri 1 syawal 1440 Hijria.

“Saya sangat berterima kasih kepada bapak ibu pedagang yang telah berperan serta dalam mendermakan sebagian kecil keuntungan yang diraih setiap hari, dengan tujuan membagi kebahagiaan menjelang Hari Raya ldul Fitri kepada sesama kita sekaligus sebagai media untuk berikhtiar mendekatkan ketaqwaan diri kita melalui perbuatan amal jan‘ah,”tandasnya.

Bupati mengingatkan, melalui pasar murah imo diharapkan agar akan menjadi momentum untuk merawat tali silaturahim dalam mempererat rasa persaudaraan serta persatuan dan kesatuan di antara sesama masyarakat melalui interaksi jual beli.

Dengan interaksi sosial yang sehat dan hubungan silaturahmi yang terus terbangun melalui kegiatan seperti ini terang Tuasikal bahwa akan menjadi modal sosial yang penting
bagi masyarakat kota Masohi dan sekitarnya dalam mensukseskan penyelenggaraan pembangunan di daerah ini.

“Kita semua harus optimis dan terus bekerja keras, bahu membahu, merawat persatuan dan kesatuan serta menjaga dan memelihara stabilitas keamanan. Karena dengan stabilitas keamanan daerah yang tangguh dan kondusif, akan mendukung laju pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat yang menjadi harapan kita bersama,” harapnya.

Tuasikal menekankan pentingnya  kedamaian dan kebersamaan hidup sebagai orang basudara yang di rajut dan terwujud di Kota Masohi dan sekitarnya. “Selama ini akan menjadi barometer bagi masyarakat Iainnya yang ada di Kabupaten Maluku Tengah sehingga wilayah daerah ini bisa menjadi contoh dan corong kehidupan yang aman, damai dan sejahtera bagi daerah-daerah lain yang ada di provinsi Maluku maupun di Indonesia pada umumnya,”katanya. (SwM04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *