Tuasikal : Guru Memiliki Peran Penting Dan Luar Biasa

MASOHI, Swaramaritim.com – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua,SH mengatakan, guru memiliki peran yang sangat penting dan luar biasa, dalam pembangunan daerah demi kemajuan bangsa di masa yang akan datang.

Hal ini di ungkapkan Bupati Tuasikal Abua,SH dalam sambutannya yang di bacakan Assisten I Setda Malteng Drs. Wem Istia,M.AP saat membuka kegiatan “Seminar Nasional Membangun Bangsa Bersama Guru Yang Luar Biasa” yang di laksanakan PGRI Kabupaten Maluku Tengah di gedung Mae Oku Masohi pada Selasa, (18/06/2019).

Bupati mengatakan, sebagai pimpinan di daerah itu, dirinya sangat mengapresiasi sekaligus menyambut dengan baik pelaksanaan seminar  dengan tema “Membangun Masa Depan Bangsa Bersama Guru yang Luar Biasa” yang di laksanakan PGRI Malteng bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malteng merupakan wujud, peran dan kontribusi PGRI bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Tengah untuk merefleksikan dan mengingatkan kepada semua pihak, termasuk masyarakat di daerah ini untuk menyadari bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dan luar biasa dalam membangun daerah sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam membangun masa depan bangsa.

Menurut Tuasikal bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang amat pesat saat ini, sebagai ciri globalisasi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia di muka bumi, termasuk di kabupaten berjuluk Pamahanunusa.

“Di satu sisi perubahan tersebut selain mendatangkan manfaat bagi kehidupan juga telah membawa manusia maluku tengah ke era perkembangan global yang semakin ketat,”jelasnya.

Akibat dari perkembangan globalisasi yang semakin kompetitif akan membuat berbagai perubahan bagi perkembangan jaman dewasa ini di berbagai bidang pembangunan termasuk di bidang pendidikan di Malteng.

“Hal ini sebagian permasalahan hanya dapat dipecahkan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi
yang digambarkan juga di alami oleh masyarakat dan bangsa lndonesia termasuk di daerah malteng. Olehnya itu agar dapat berperan dalam persaingan global, maka sebagai bangsa yang besar kita terus magembangkan dan moningkatkan kualitas sumber daya manusia yang di miliki bangsa ini dan juga masyarakat di maluku tengah,”ucapnya.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia, jelas Bupati, akan merupakan kebutuhan yang harus di miliki dan dilakukan secara sistematis dan terencana yang efektif dan efisien.

Tuasikal katakan, Malteng tidak ingin kalah dalam persaingan dalam pembangunan dengan daerah maupun bangsa lain dalam era globalisasi, maka sebagai masyarakat harus belajar keras dan bekerja keras dalam pembangunan.

“Saat ini kita semua sepakat bahwa kualitas sumber daya manusia, antara lain ditentukan oleh aspek pendidikan. Terkait dengan aspek Pendidikan, tentu kita tak mungkin mengingkari betapa penting dan berharganya peran seorang guru untuk Pendidikan bangsa kita maupun di Malteng khususnya,”ungkapnya.

Dengan demikian, jelaslah bahwa peningkatan kualitas pendidikan merupakan suatu proses yang tak bisa dilepaspisahkan dari peran guru karena terintegrasi dengan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia itu sendiri.

Menyikapi hal ini maka Tuasikal berharap, melalui seminar nasional ini menjadi sangat relevan dan sinergis dengan komitmen pemerintah daerah terhadap kebijakan dan implementasi pembangunan di bidang pendidikan untuk terus menyuarakan dan memperjuangkan masa depan bangsa dengan cara peningkatan kualitas Pendidikan melalui peran dan eksistensi Guru yang Iuar biasa.

“Untuk itu saya berharap agar seluruh elemen bangsa dan negara termasuk di Kabupaten Maluku Tengah, dapat menyadari bahwa Pendidikan telah diyakini sebagai salah satu aspek pembangunan masa depan bangsa yang sangat penting
dalam mewujudkan masyarakat yang handal, profesional, dan berdaya saing tinggi,”uharnya.

Oleh karena itu, Pendidikan yang bermutu sangat tergantung dari guru yang bermutu yakni guru yang professional, sejahtera, terlindungi dan bermartabat.

“Saya sangat optimis kalau PGRI sebagai wadah berhimpunnya para Guru kiranya mampu dioptimalkan dan didayagunakan untuk terus memotivasi seluruh guru yang ada di daerah ini baik yang duduk dalam kepengurusan maupun selaku anggota PGRI untuk selalu siap menjadi guru masa depan yang luar biasa,” bebernya.

Bagi Pemda Malteng dan masyarakat, guru yang luar biasa adalah guru yang selalu siap dan mampu mengantisipasi perubahan dan perkembangan teknologi, budaya, psikologi, dan berbagai hal yang berkaitan dengan dinamika dan karakter peserta didik.

“Hal ini karena membangun masa depan bangsa bersama guru yang luar biasa semua bermula dari sikap keteladanan, akhlak dan moral yang baik, berintegritas, disiplin, mampu menjadi motivator dan inspirator, memiliki semangat untuk maju dan selalu berusaha memperbaiki kompetensi dirinya secara terus menerus dimanapun dan kapanpun,”jelas Bupati. (SwM03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *