Kantor Imigrasi Ambon Bentuk Timpora SBB

PIRU, SwaraMaritim.com – Dengan bergulirnya regulasi dan kebijakan di negara Indonesia, terhadap warga negara asing untuk kemudahan dalam memperoleh izin tinggal di Indonesia dan kebijakan pemerintah Bebas Visa Kunjungan ke Indonesia kepada 169 negara, yang tidak menutup kemungkinan akan mengganggu stabilitas, keamanan dan ketahanan nasional.

Fenomena ini menurut Kepala Kantor Wilayah Hukum HAM Provinsi Maluku, Andi Nurka, menuntut kesadaran semua pihak tentang betapa pentingnya kewaspadaan dalam kemasyarakatan berbangsa dan bernegara, terhadap pengawasan Orang Asing. Hal ini diungkapkannya saat pelantikan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Tingkat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan tingkat kecamatan se-kabupaten SBB, yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon,
di Gedung Hatutelu, Piru, pada Kamis (25/07/2019).

Dikatakannya, sebagai bentuk pengawasan bersama terhadap hal tersebut dalam menjaga kedaulatan Indonesia perlu adanya Sinergitas antar Instansi Pemerintahan. Kerjasama ini perlu ditingkatkan terkait kerawanan yang terjadi.
Tingkat kerawanan yang akan timbul
diantaranya isu TKI Non Prosedural kemudian dari segi pariwisata, keluarga – Repatriasi, Ex. Crew, penyalahgunaan izin tinggal Pekerja Asing di Kabupaten Seram Bagian Barat. ” Khusus Isu TKI Non Prosedural sejauh ini jumlah pemohon paspor yang diduga akan menjadi Tenaga kerja Indonesia Non prosedural yang kami tolak paling banyak berasal dari kabupaten Seram bagian barat, Ditahun 2018 sebanyak 8 pemohon sedangkan ditahun 2019 sampai pada saat ini sebanyak 5 pemohon. Hal – hal yang harus kita ketahui ini menjadikan kewajiban kita semua untuk meluruskan isu dan menjaga kestabilan terhadap berita dimasyarakat yang tidak benar,” ujarnya.

Kakanwil mengucapkan selamat atas terbentuknya Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Kabupaten Seram Bagian Barat dan Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Seram Bagian Barat. “Tetap terus kuatkan kerjasama dan koordinasi tugas yang diemban untuk menjaga kedaulatan Negara berada pada pundak saudara, saya yakin dan percaya saudara dapat bertugas dengan baik,”tandasnya.

Sementara itu, menurut ketua panitia pelantikan Timpora Kabupaten SBB, Prihatno Juniardi, mengatakan, jumlah peserta yang dilantik sebanyak 52 orang, yang terdiri
dari 10 orang peserta dari instansi di
Kabupaten Seram Bagian Barat, 42 orang peserta dari instansi di Kecamatan.

Hadir dalam pelantikan itu, Bupati Seram Bagian Barat, Yasin Payapo, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon, Afrizal dan Kalapas Piru, Saiful Sahri. (SwM02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *