Jaflaun Batlayeri Jadi Ketua DPRD KKT Sementara

SAUMLAKI, SwaraMaritim.com – Sebanyak 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) asal Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dilantik dan diambil sumpah dan janjinya dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD KKT, Fengky Limbers.

Pelantikan dan pengambilan sumpah serta janji 25 Anggota DPRD KKT masa jabatan 2019-2024 tersebut, bertempat di Gedung Kesenian KKT, Senin (4/11/2019).

Acara pelantikan sekaligus pengambilan sumpah dan janji 25 anggota DPRD KKT tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Maluku nomor 245, tahun 2019 tentang pengresmian/pemberhentian anggota DPRD KKT masa jabatan 2014-2019 dan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Maluku, nomor 246 tahun 2019 tentang pengresmian/pengangkatan anggota DPRD KKT masa jabatan 2019-2024 yang dibacakan oleh Sekretaris DPRD KKT dalam paripurna.

Dalam pembacaan SK Gubernur Maluku tersebut, nama-nama ke-25 anggota DPRD disebutkan antara lain, Ivonnila Khrisna Sinsu (PKB), Apolonia Laratmase (Gerindra), Virgia Andrea Werembinan (PDI-P), Piet Kait Taborat, SH (Golkar), Gotlif Siletty (Nasdem), Ricky Jauwerissa (Berkarya), Welem Hermanus Pesiwarissa (PKS), Fredek Y. Kormpaulun (Perindo), Frederikus Deddy Son Titirloloby, S.Sos (Hanura), Deni Darling Refualu (Demokrat), Jidon Kelmanutu, ST (PDI-P), Nelson Erwin Willem Lethulur, S.P (Golkar), Nikson Lartutul, SH (Berkarya), Melkhias Seralurin (Demokrat), Semuel Lilimwelat (PKPI), Otniel Whan Lekruna, SH, M.Hum (PKB), Ema Labobar (Gerindra), Frengky Limber (PDI-P), Markus Atua (Golkar), Amrosius Rahanwatty, S.Sos (Nasdem), Richie Laurens Anggito (Berkarya), Erens Yulius Feninlambir, S.Sos (PAN), Christofol Louw, S.Sos (Hanura), Jaflaun Batlayeri (Demokrat), Julianti Bungaa (PKPI).

Melalui sambutan Gubernur Maluku yang dibacakan Bupati KKT dalam pelantikan tersebut, akhir masa jabatan anggota DPRD KKT masa jabatan 2014-2019 adalah pada tanggal 3 November 2019 namun karena bertepatan dengan hari libur maka sesuai ketentuan pasal 29 ayat 2 PP No 12 tahun 2018 maka pelaksanaan pengambilan sumpah dan janji dilaksanakan pada hari berikutnya, 4 November 2019. “Sebagai wakil pemerintah pusat, saya turut memberikan apresiasi dan berterimaksih kepada seluruh masyarakat KKT yang telah melaksanakan hak konstitusionalnya secara benar dan bertanggungjawab. Ucapan terimakasih yang sama juga saya sampaikan kepada KPUD, Bawaslu, berbagai Parpol, partisipan, calon anggota legislatif, tim sukses, maupun TNI/Polri atas pencapaian pada hari ini,”ujarnya.

Menurut Gubernur, mekanisme pembagian kekuasaan pada struktur pemerintahan adalah sebuah keniscayaan dalam rangka menjaga dan menjamin tegaknya kekuasaan ditangan rakyat. Hal tersebut adalah prinsip dasar berdemokrasi. Untuk itu, dinamika, rotasi dan peralihan kepemimpinan adalah sesuatu yang alamiah seiring berkembangnya kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Perubahan kepemimpinan itu justru menerangkan bahwa Indonesia adalah negara demokrasi besar yang berkedaulatan rakyat.

“Anggota DPRD yang baru dilantik adalah sosok pemimpin yang layak dan dinilai pantas mewakili rakyat. Saudara telah terseleksi secara alamiah oleh rakyat di Bumi Duan Lolat. Anggota yang baru dilantik adalah mereka yang enerjik dan penuh semangat, sedangkan wajah yang lama penuh segudang pengalaman,” ungkapnya.

Tak lupa selaku Gubernur Maluku, dirinya mengucapkan terimakasih serta penghargaan yang tinggi kepada para anggota DPRD yang lama atas pengabdian dan jasa yang diberikan semasa menduduki jabatannya dan sekaligus berharap kepada mereka yang baru saja dilantik agar dalam tuntutan percepatan pembangunan dan perkembangan zaman mewajibkan untuk mendorong percepatan kapabilitas dan kualitas serta profesionalisme seluruh anggota DPRD agar merata dan seimbang. Untuk itu, dalam mengawali tugas nantinya, kiranya proses penguatan SDM dengan cara orientasi tugas ataupun bimbingan teknis, mesti mendapat prioritas utama.

“Selamat bekerja kepada ke-25 anggota DPRD KKT, disertai harapan kiranya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” pesan Gubernur Maluku melalui sambutannya.

Sementara itu, selaku pimpinan Bumi Duan Lolat, Bupati Fatlolon mengatakan, keberhasilan para anggota DPRD yang sekarang ini adalah keberhasilan kolektif yang didalamnya juga terdapat keberhasilan partai politik serta campur tangan keluarga, untuk itu dirinya menghimbau kepada para anggota DPRD yang baru saja dilantik agar ketika selesai dilantik, kembali ke rumah masing-masing dan sampaikanlah ucapan terimakasih kepada istri ataupun suami tersayang karena keberhasilan ini tidak terlepas dari peran penting dari suami maupun istri, bahkan keluarga maupun partai politik yang turut menopang.

“Janganlah sombong tetapi rendahkanlah diri kita dan teruslah melayani masyarakat sesuai dengan panggilan yang ada di pundak kita masing-masing,” pesan Fatlolon.

Sementara itu, Jaflaun Batlayeri saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD KKT sementara. Hal ino ditandai dengan penyerahan palu sidang dari Frengky Limber kepada Batlayeri. (SwM03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *