Redemtor Reressy Gantikan Yonas Batlyol Sebagai Ketua Presidium PMKRI Cabang Saumlaki

SAUMLAKI, SwaraMaritim.com – Pelaksanaan Rapat Umum Anggota Cabang Istimewa (RUACI) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Saumlaki Sanctus Vinsens de Paulo, yang bertempat di ruang rapat Unio Projo Saumlaki, 22-23 Februari 2020, akhirnya menghasilkan keputusan penetapan Mandataris RUAC/Formatur Tunggal/Ketua Presidium PMKRI Cabang Saumlaki periode 2020-2022.

Redemtor Reressy, anggota biasa PMKRI Cabang Saumlaki yang maju dalam bursa pemilihan Ketua Presidium itu, akhirnya terpilih mengungguli Benedikta Maturbongs.

Redemtor Reressy yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PMKRI Cabang Saumlaki, ditetapkan sebagai Mandataris RUAC/Formatur Tunggal/Ketua Presidium PMKRI Cabang Saumlaki menggantikan Yonas Batlyol.

Sesuai pantauan, selain menetapkan pimpinan DPC dan Anggota “korps baret merah bol kuning” di cabang itu, RUACI juga menetapkan sejumlah ketetapan penting yang harus dilaksanakan oleh segenap warga perhimpunan selama kurun waktu 2020 hingga tahun 2022.

“Misalnya, salah satu ketetapan yang dihasilkan adalah adanya kesepakatan untuk pembentukan Badan Pemeriksa Keuangan Cabang. Lembaga ini otonom yang bertugas mengaudit aset maupun keuangan perhimpunan dan akan melaporkan pertanggungjawabannya pada RUACI mendatang” kata Klemens Yosep Sakliressy, salah satu Presidium Harian Cabang dimisioner.

RUACI sebagai forum tertinggi PMKRI ditingkat Cabang, juga mengeluarkan ketetapan sidang tentang pemberhentian tidak dengan hormat sejumlah anggota biasa PMKRI Cabang Saumlaki yang dinilai melanggar konstitusi organisasi.

Redemtor yang diwawancarai usai RUAC istimewa itu menyatakan komitmennya untuk tetap menjaga dan memelihara kehidupan organisasi dengan penegakan aturan.

“Saya akan menjaga kepercayaan anggota biasa maupun anggota penyatu , yang telah memilih dan merestui saya sebagai pimpinan di tingkat cabang ini. Ada sejumlah agenda awal yang akan saya lakukan sebelum dilantik, yakni mengkosolidasikan seluruh kekuatan perhimpunan untuk bersama-sama bergerak, merevitalisasi hubungan yang harmonis dengan semua pemangku kepentingan dan tentunya mempersiapkan pelantikan, Orientasi fungsionaris dan rapat kerja,” beber alumni STIE Saumlaki ini.

Reressy berjanji akan memulihkan kondisi cabang dari adanya konflik internal beberapa hari kemarin dan mendorong secepatnya terbentuk Forum Komunikasi Alumni (FORKOMA) ditingkat Cabang Saumlaki.

Sebagaimana informasi yang dihimpun dari sejumlah pihak, PMKRI Cabang Saumlaki dibawah kepemimpinan Yonas Batlyol juga telah menoreh sejumlah prestasi.

Beberapa agenda yang menonjol selain kepekaan organisasi untuk melakukan kontrol sosial terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di kabupaten Kepulauan Tanimbar, PMKRI Cabang Saumlaki juga telah mengukir sejarah dengan mendeklarasikan rumah Pancasila Maluku bersama Pemerintah Provinsi Maluku dan institusi TNI – Polri di desa Alusi Krawain, Kecamatan Kormomolin.

Selain itu, PMKRI melakukan Seminar Kebangsaan di Kampus Lelemuku dengan menghadirkan pemateri dari Polda Maluku, Pemkab Kepulauan Tanimbar dan Akademisi.

PMKRI juga mendorong peningkatan literasi dengan pembentukan rumah pintar di desa Adodo Fordata kecamatan Fordata.

Yonas Batlyol juga bersinergi dengan TNI AL Pangkalan Saumlaki untuk menggelar kegiatan penguatan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SMA/SMK se Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya. (SwM04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *